Minggu, 01 Januari 2017

Investasi di Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka Rp 89 T Tahun Ini


Investasi di Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka Rp 89 T Tahun Ini
Jakarta - Pada 2016 ini, pertumbuhan di sektor industri cukup menjanjikan. Salah satunya sektor industri kimia, tekstil, dan aneka (IKTA).

Menurut Direktur Jenderal IKTA Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono, dari aspek populasi industri, sepanjang tahun ini sudah ada 486 unit industri kimia, tekstil, dan aneka yang tumbuh.

"Tahun ini kita tumbuh 486 unit industri, sedangkan Agro 415 dan Ilmate (Industri logam, mesin, alat transportasi, dan elektronik) 327 unit," ujar Sigit dalam keterangan tertulis, Jumat (30/12/16).

Kemudian dari segi investasi. Pertumbuhan investasi di sektor IKTA hingga akhir tahun ini mencapai Rp 89,2 triliun, sedangkan Agro Rp 65 triliun, dan Ilmate Rp 75 triliun.

Lalu soal penyerapan tenaga. Sigit mengatakan, hingga triwulan III-2016 penyerapan tenaga kerja di sektor IKTA mencapai 263.000 orang, sedangkan Agro 75.000 orang, dan Ilmate 226.000 orang.

"Indikator kinerja kita kan tiga hal itu, ya tentu ini menggembirakan," terang Sigit.

Meski demikian, Sigit mengungkapkan, ada beberapa kendala yang menghambat perkembangan sektor IKTA hingga menjelang pergantian tahun ini. Salah satu kendala itu ada di bidang tekstil.

Industri tekstil lokal dihadang soal banyaknya impor kain yang naik hingga 35% dari tahun sebelumnya. Di samping itu, impor pakaian ilegal juga terus meningkat.

Sigit berharap, impor kain dan impor ilegal ini bisa lebih terminimalisir tahun depan. Sehingga sektor IKTA khususnya di bidang tekstil bisa tumbuh dengan baik.

"Awal tahun nanti saya berharap masalah ini dapat tertangani. Kalau impor-impor itu bisa kita minimalisir tentu tekstil kita bisa tumbuh lebih baik," pungkas Sigit. 

Petani Risau Harga Gula Anjlok Karena Rembesan Gula Rafinasi


Petani Risau Harga Gula Anjlok Karena Rembesan Gula Rafinasi
Jakarta - Petani tebu yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) mengungkapkan kekhawatiran adanya rembesan gula rafinasi di pasaran. Hal ini mengakibatkan harga gula di tingkat petani jatuh cukup dalam.

"DPN APTRI memperkirakan rembesan gula rafinasi di musim giling ini mengakibatkan turunnya harga lelang gula tani sebesar Rp 1000/kg. Total kerugian akibat turunnya harga lelang gula mencapai Rp 700 miliar," kata Ketua Umum APTRI Soemitro Samadikoen dalam keterangan tertulis, Sabtu (31/12/2016).

Kekhawatirannya cukup beralasan, karena beberapa waktu lalu, Bareskrim Mabes Polri mengungkap adanya kasus perembesan gula rafinasi skala besar yang diduga dilakukan oleh PT Berkah Manis Makmur (PT BMM) melalui PT Lyus Jaya Sentosa dan PT Duta Sugar Internasional (PT DSI).

Ia menambahkan, dari catatan APTRI, rembesan bukan hanya dilakukan oleh dua perusahan tersebut, namun oleh perusahaan gula rafinasi lainnya yang total mencapi 11 perusahaan.

"Total kerugian petani dari penyimpangan 11 perusahaan gula rafinasi (termasuk PT BMM dan PT DSI) mencapai 600.000 ton," sambung dia.

Terkait permasalahan tersebut, lanjut dia, DPN APTRI menyampaikan tuntutan kepada pemerintah. 

"Kami mendesak Kementerian Perdagangan agar menindak tegas perusahaan gula rafinasi yang terbukti melakukan penyimpangan. Kasus serupa ini sangat menyengsarakan petani dan merugikan perekonomian nasional," kata dia.

Ia melanjutkan, APTRI juga menuntut Kementerian Perdagangan membuat mekanisme kontrol baru terhadap industri gula rafinasi, agar kasus perembesan/ penyimpangan gula rafinasi tidak terus menerus terjadi.


CV. Raya Teknik Indonesia Menjual FILTER (Air Filter, Fuel Filter, Oil Filter, Hydraulic Filter, Transmission Filter, dll) dan Spare part khusus untuk ALAT BERAT (HEAVY EQUIPMENT), GENSET , INDUSTRI, TRUCK dengan merek :

- Genuine (KOMATSU, CATERPILLAR, MITSUBISHI, dll)
- DONALDSON
- FLEETGUARD
- BALDWIN
- MANN
- RACOR
- FHAS
- GRIFFIN
- SAKURA
- HENGST
- PROGUARD
- JIMCO
- UNION
- dll.

Menerima PEMBUATAN Filter sesuai dengan spesifikasi dari Customer. 

* Harga Filter Udara,Filter Oli, Filter Solar dan Filter Hidrolis yang kompetitif.


Untuk stock dan harga, silahkan hubungi :

Marketing

Rico 081217696856 (Whatapps)
Website: http://distributorfilter.blogspot.co.idhttp://rayateknikindo.blogspot.co.id/
                rayateknikindo.indonetwork.co.id
Email : rayateknik.indo@gmail.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar