Senin, 15 Mei 2017

Industri kreatif digital di Indonesia


Industri kreatif digital merupakan bagian dari industri kreatif yang produknya didistribusikan melalui jalur digital. Sebut saja Facebook, yang dikonsumsi jutaan orang di dunia dalam bentuk layanan online. Atau game Flappy Bird, yang dibuat oleh seseorang dari dalam kamar rumahnya dan berhasil meraup ribuan dolar per-harinya dari iklan. Itu semua merupakan gambaran dari besarnya potensi industri kreatif digital.

PERKEMBANGAN INDUSTRI KREATIF DIGITAL TANAH AIR

Di Indonesia, industri kreatif digital saat ini nampaknya sedang melalui tahap pembentukan jati diri. Para pelaku di dalamnya sedang menentukan perannya masing-masing sambil mencoba untuk terus berkarya. Bisnis dalam industri ini sudah mulai dijalankan oleh orang-orang yang cukup berani untuk mencoba mendulang rupiah dari kegiatan “menjual produk digital”. Tidak banyak yang mampu bertahan lama, namun juga tidak sedikit yang berhasil.
Pemerintah Indonesia selaku penyelenggara negara pun menunjukkan kepeduliannya dengan mendirikan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), sebuah lembaga yang khusus menaungi industri kreatif di Indonesia, termasuk industri kreatif digital di Indonesia. Sejumlah regulasi telah dicoba disusun untuk membangun ekosistem yang kondusif, hingga event-event kreatif pun telah diselenggarakan oleh Bekraf.

POTENSI DAN TANTANGAN

Jumlah penduduk di Indonesia yang terbilang sangat besar, merupakan target konsumen yang sangat menjanjikan. Terlebih dengan penggunaan perangkat digital seperti smartphone yang terus meningkat jumlahnya di kalangan masyarakat. Menjamurnya startup lokal yang bergerak di bidang digital beberapa tahun belakangan ini, memperlihatkan cukup responsifnya pelaku bisnis dalam menghadapi hal ini.
Namun dibalik potensi yang layak digarap dengan serius, terdapat sejumlah tantangan yang harus dihadapi oleh para pelaku di industri ini. Kesadaran masyarakat tentang hak cipta yang masih rendah, membuat banyak kreator yang ragu mengembangkan produknya secara maksimal, karena khawatir akan serangan pembajakan nantinya. Selain itu, keterbatasan sumber daya manusia juga menjadi persoalan tersendiri. Bukan dari jumlahnya, tetapi lebih kepada kemampuan antar individu yang belum merata.
Untuk menyiasati sejumlah tantangan yang ada, tidak sedikit produsen produk digital kreatif yang lebih suka menjual produknya ke pasar luar negeri untuk mengurangi pembajakan dan meningkatkan hasil penjualan. Dalam hal produksi, mereka juga lebih suka menggunakan jasa developer dari luar negeri yang kemampuan teknisnya sudah mumpuni.
Demi kemajuan industri kreatif digital di Indonesia, semua pihak yang terkait perlu memberikan perannya semaksimal mungkin. Mulai dari kalangan desainer yang harus terus mengasah kreativitasnya, pelaku bisnis yang harus lebih mengetahui perilaku konsumennya, hingga pihak pemerintah yang sepatutnya memberikan dukungan, arahan dan naungan bagi para pelaku di industri kreatif digital tanah air.
Maju terus industri kreatif digital Indonesia!

CV. Raya Teknik Indonesia Menjual FILTER (Air Filter, Fuel Filter, Oil Filter, Hydraulic Filter, Transmission Filter, dll) khusus untuk ALAT BERAT (HEAVY EQUIPMENT), GENSET , INDUSTRI, TRUCK dengan merek :

- Genuine (KOMATSU, CATERPILLAR, MITSUBISHI, dll)
- DONALDSON
- FLEETGUARD
- BALDWIN
- MANN
- RACOR
- FHAS
- GRIFFIN
- SAKURA
- HENGST
- PROGUARD
- JIMCO
- UNION
- dll.


Menerima PEMBUATAN Filter sesuai dengan spesifikasi dari Customer. 

* Harga Filter Udara,Filter Oli, Filter Solar dan Filter Hidrolis yang kompetitif.


Untuk stock dan harga, silahkan hubungi :

Marketing

Rico 081217696856 (Whatapps)
Website: http://distributorfilter.blogspot.co.id
                rayateknikindo.indonetwork.co.id
Email : rayateknik.indo@gmail.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar