Minggu, 06 November 2016

UTILITAS MASUK ANGIN MESIN DIESEL "Empat Penyebab Masuk Angin"


JIP - Bukan hanya manusia yang dapat didera masuk angin. Penyakit itu pun populer di kalangan pengguna mesin diesel. Bila masuk angin, mesin diesel akan sulit hidup. Apesnya, setelah mesin hidup, tenaganya loyo. Gejala ini kerap pula disebut ”angin palsu”.
“Pada prinsipnya, masuk angin disebabkan hilangnya kevakuman pada jalur bahan bakar dari tangki menuju ke pompa injektor,” tutur Stefanus Herriejady dari Teknik Delta Turbo Diesel di bilangan Klender, Jakarta Timur. “Udara selalu mengisi kosong, bila terdapat celah pada saluran bahan bakar yang memungkinkan angin masuk ke dalamnya, maka pada saat itulah terjadi masuk angin.”
Menurutnya, kondisi kevakuman ini dapat dicontohkan pada sedotan minuman yang ditutup salah satu ujungnya dengan jari. Selama lubang sedotan tersebut ditutup, maka cairan yang ada pada sedotan tersebut tidak akan tumpah ke bawah. Analogi ini sama jika jalur bahan bakar tidak vakum. Solar akan kembali ke dalam tangki, sehingga susah hidup saat distarter, terutama pagi hari.
Udara yang ada pada saluran bahan bakar bercampur dengan solar sehingga menyebabkan tekanan pada nozel jadi tidak optimal. Tenaga yang dihasilkan pun jadi loyo.
Ada beberapa penyebab terjadinya masuk angin. Yang paling sering karena mobil pernah kehabisan solar. Tangki yang kosong menyebabkan udara ikut terhisap ke dalaminjector nozzle. Akibatnya, tekanan solar di saluran bahan bakar menuju ruang bakar pun turun.
Perlu dicatat, mesin diesel memerlukan tekanan bahan bakar yang tinggi untuk dapat beroperasi secara baik.
Penyebab lainnya, adalah slang bahan bakar yang terkoyak atau berlubang. Dari lubang tersebut, udara luar menginvasi saluran bahan bakar. Sehingga tekanannya jadingempos. Kondisi ini bisa terjadi lantaran faktor usia, getas akibat panas, kurang kencang dalam pemasangan, atau sebab lainnya.
Proses penggantian suku cadang sistem bahan bakar seperti saringan solar, injektor nosel ataupun slang-slang bahan bakar seringkali juga memicu masuk angin. Pada saat komponen tersebut dibuka, maka udara dengan leluasa masuk ke dalam sistem bahan bakar.
Penyebab terakhir terjadinya masuk angin adalah ketika membuang air pada water sendimenter. Saat air dalam tampungan dibuang, maka udara pun mudah menerobos masuk ke dalam saluran bahan bakar. Mesin penemuan Rudolf Diesel dijamin langsung kembung alias masuk angin.
Agar terhindar dari empat hal di atas, sebaiknya jangan biarkan tangki bahan bakar dalam kondisi kosong sama sekali. Sisakan volume bahan bakar dalam tangki setidaknya ¼ dari kondisi penuh. Kemudian lakukan pemeriksaan rutin pada bagian slang bahan bakar. Segera ganti apabila nampak getas ataupun terjadi kebocoran. Jangan lupa lakukan pembuangan angin palsu, dan pastikan betul bahwa aliran solar sudah penuh.

Diesel Modern Lebih Kuat
Kemajuan teknologi diesel yang cukup pesat membuat mesin generasi sekarang tak lagi gampang masuk angin. Mesin diesel berteknologi commonrail tidak terpengaruh  dengan 4 penyebab masuk angin. Lantaran mesin diesel generasi baru sudah sepenuhnya membebankan distribusi solar dari tangki ke arah mesin dengan menggunakan pompa solar elektrik. Tekanan yang besar pada pompa elektrik membuat gejala masuk angin hilang. Begitu tangki yang kosong tersebut diisi kembali dengan solar, maka solar langsung dialirkan dengan tekanan dan volume normal ke mesin. 


CV. Raya Teknik Indonesia Menjual FILTER (Air Filter, Fuel Filter, Oil Filter, Hydraulic Filter, Transmission Filter, dll) khusus untuk ALAT BERAT (HEAVY EQUIPMENT), GENSET , INDUSTRI, TRUCK dengan merek :

- Genuine (KOMATSU, CATERPILLAR, MITSUBISHI, dll)
- DONALDSON
- FLEETGUARD
- BALDWIN
- MANN
- RACOR
- FHAS
- GRIFFIN
- SAKURA
- HENGST
- PROGUARD
- JIMCO
- UNION
- dll.



Menerima PEMBUATAN Filter sesuai dengan spesifikasi dari Customer. 

* Harga Filter Udara,Filter Oli, Filter Solar dan Filter Hidrolis yang kompetitif.


Untuk stock dan harga, silahkan hubungi :

Marketing

Rico 081217696856 (Whatapps)
Website: http://distributorfilter.blogspot.co.idhttp://rayateknikindo.blogspot.co.id/
                rayateknikindo.indonetwork.co.id
Email : rayateknik.indo@gmail.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar